Resume Q&A Materi #8 MIP batch #2 MR-JatimSel-La

Selasa, 06-12-2016
Pukul 20.00 - 21.00 WIN
Fasilitator: Ikhe F
Kordi Mingguan: Diawinasis M. S.
1⃣Uswatun-Tulungagung
Assalamu' alaikum wr.wb. mf Bunda mau bertanya.
1. Bagaimana seorang ibu bisa dikatakan produktif jika dia berprofesi sebagai pendidik sementara harapannya hanya honorarium saja? maaf sy kurang faham dg maksud pertanyaan ibu
2. Bagaimana membuat keluar dari zona nyaman dengan kondisi terhimpit misalnya mau tidak mau harus belajar berdagang padahal tidak ada bakat untuk itu? ya tidak perlu berdagang, kuatkan potensi kekuatan kt utk menjadi produktif, atau hire orang untuk membantu bagian marketing kita
Terima kasih.
Wassalam.
2⃣Diawinasis-Malang
Saat kita menekuni hal yang kita suka dan bisa lalu membuat perencanaan berisi be-do-have dalam kurun waktu tertentu (tahunan-5/10tahun-longlife purpose) pribadi, berarti perlu support dari keluarga? Dalam artian keluarga juga punya misi, dan setiap anggotanya punya misi--untuk saling bersinergi?betul
3⃣Fudhoh-Lamongan
Assalamualaikum
Bunda nitip pertanyaan,apakah misi hidup ini hrs kita selaraskan dg misi keluarga?betul
karna hal yg penting bagi sy adalah kebahagiaan keluarga.bagaimana cara menciptakan sebua misi yg selaras dg patner hidup kita?tidak usah terburu ke misi keluarga, sdh banyak ngobrol belum dg pasangan?mantra utama banyakkan ngobrol bersama, banyakkan aktivitas bersama, banyakan main bersama, maka akan bertemu misi keluarga
terima kasih ats pencerahannya
4⃣Sari - Malang
Assalamualaikum bunda septi, yang ingin saya tanyakan. Ketika kita enjoy dg produktifitas BISA-SUKA kadang ada hal yg membuat jam terbang ter"pending" dan harus menyelesaikan hal lain (bunda cekatan).
Bagaiaman solusi kita agar tetap on track, dan kembali berbinar mengerjakan keg dlm ranah "produktif" tsb. Biasanya klo lgi asyik dan tetiba "cut" mau mulai dari awal agak lemes di awal
A: Kita ambil contoh : aktivitas menulis di ranah suka - bisa
pertanyaannya kadang terpending krn mengerjakan yg lain, maka point nya di manajemen waktu, kalau MAU sedikit disiplin di manajemen waktu pasti BISA produktif Dan terus ontrack
kalau ternyata SUKA saja, dan tidak pernahmenulis sama sekali, ini sama dengan mimpi yg belum jadi kenyataan , maka masuk kategori SUKA dan TIDAK BISA, pelajari tantangannya apa.
5⃣Nisfa-Malang
Jadi penting menuliskan apa yg ingin kita capai di kurun tahun tertentu dan di tempel sehingga sering d lihat skaligus untuk reminder qta.jika yg kita tulis tsb d luar misi hidup kita bagaimana?
 Saya belum bisa menangkap, kenapa kita harus merencanakan yang tidak sesuai dengan core values dan visi misi hidup?Bukankah kurang bermakna dan bermanfaat? 
misal,d kuadran suka+tdk bisa.kita ingin jadi bisa d mencapainya d kurun waktu 5thn k depan.trimakasih...
 sudah dilatih berapa lama sehingga mengatakan tidak bisa? Kira-kira adakah hal BISA dan SUKA yang lebih mendatangkan manfaat? 
6⃣Madina_Malang
Assalamualaikum..
Mohon diberi contoh tentang 3 elemen yang harus kita ketahui berkaitan dg misi spesifik hidup
a. Ingin jadi apa
b. Ingin melakukan apa
c. Ingin memiliki apa
Masih bingung bagian tsb jika belum ada contoh konkritnya..
 contoh:
a. Ingin jadi Ahli di bidang pastel paintings.
b. Ingin belajar pastel painting di forum internasional. Ingin berbagi ilmu dengan anak-anak.
C. Ingin memiliki sanggar lukis yang bermanfaat luas.
7⃣Wulan-Madiun
Apa yang dimaksud dengan visi dan misi? Bagaimana merumuskannya dalam bentuk kalimat, sehingga lebih mudah untuk dipahami dan dijadikan landasan hidup?  Visi adalah cara yang ditempuh sebagai pandangan jangka panjang. Sedangakan misi adalah adalah strategi untuk mencapai visi.
Kalau tentang apa yang kita inginkan ada dalam diri anak2 kita (misal: bisa jadi anak yang mandiri dan bermanfaat, dengan landasan agama yang kuat), itu masuk dalam poin apa? Misi atau kegiatan yang harus dilakukan? Visi
Terimakasih..
8⃣Chitra-Malang
Bagaimana caranya menentukan langkah-langkah yang menunjang misi hidup ketika kita masih hidup berpindah-pindah (ikut suami)? Silakan buka kembali NHW sebelumnya. Silakan lihat checklist indikator sebagai perempuan, sebagai isteri, dan sebagai ibu. Anda bisa menentukan misi hidup Anda dari sini.
9⃣Ulid - Malang
Bismillah,
Materi di matrikulasi dan nhw ini menuntut kita untuk sistematis dan mengorganisir semua secara rapi dan terstuktur. Apa yang harus dilakukan oleh ibu yang belum terbiasa akan hal itu? Karena si ibu sebelumnya orang yang tidak rapi dan sistematis dalam merencanakan dan menyusun agenda..
Terima kasih  Sistematis, terorganisir, rapi, dan terstruktur itu akan mempermudah perjalanan hidup kita. Jika tidak terbiasa, belajarlah pelan-pelan, sedikit-demi sedikit, rasakan manfaatnya. Apakah ini menjadikan lebih bermanfaat bagi Anda dan keluarga atau tidak? Jika tidak, silakan evaluasi diri, bagaimana Anda bisa meraih tujuan itu dengan 'Gaya' Anda sendiri? Kemudian praktekkan, pilihlah yang mana yang lebih baik, efisien, dan bermanfaat dalam pencapaian tujuan. Kemudian maksimalkan 'strategi', lalu praktekkan
πŸ”Ÿumi cholifah - Jember.
Assalamu'alaikum..
1. Saya mau masih belum mengerti bahwa kita disarankan untuk membuat daftar kegiatan 1 tahun, tapi disarankan pula untuk menghindari daftar yang panjang agak tetap fokus. Apa yang di maksud disini kita tetapkan dulu Target besar kita, kemudian jadwal lainnya hanya sebagai pendukung bersifat bisa berubah-ubah tapi g banyak 2. Seperti itu kah? Iya, betul Bunda
2. Bagaimana jika ditengah perjalanan target kita berubah? Baik karena kondisi atau pun karena keinginan yang muncul dikemudian hari. Bagaima menyikapi nya? Tentukan EXIT PROCEDURE sebelumnya ya Bunda. Ini akan mempermudah Anda dalam melaksanakan perjalanan Visi & Misi spesifik. Untuk Exit Procedure, silakan buka kembali materi-materi Matrikulasi sebelumnya
*** Diskusi Bebas***
Q: Jadi begini,saya pernah melihat "tempelan" pnya teman saya.mau jadi apa dan memiliki apa d kurun waktu tertentu.ketika mau jadi apa itu memiliki manfaat,tapi untuk hal memiliki apa (dlm hal materi/kekayaan) tdk terlalu membawa manfaat bagi orng banyak,apa yg hrus d lakukan?tdk trlalu mengejar ato fokus pada 1 tujuan "mau jadi apa"
T1: Menyimak...Pertanyaannya spertinya menarik.. Tp bisa kasi contohnya riil nya kah, bunda daffa?
Q: Misal...
Mbk madina nulis d kertas dan d tempel d dinding...5thn lgi mau jadi pembicara bidang outbond,parenting,dan pendidikan anak.5thn lagi mau memiliki mobil BMW,rumah d permata jingga.
T2: konon kalo berdoa ktny harus spesifik? hihi..mgkn maksudnya gitu bun
A: Start from the finish line...tentukan goals hidupnya...turunkan per 5than..turunkan per tahun..turunkan per bulan.lalu jadual harian...tinggal koreksi on track/off track
Q: Bunda, mngenai anak2, (mohon maaf sy sll brtanya mngenai anak krn tujuan ikut kelas ini utamanya untk lebih baik mndampingi anak) bgmn mbantu anak2 mngenali dirinya, mnemukan bakat minatnya, sdg kami adl klrg yg homogen, dalam hal profesi dan aktivitas. Adakah tool khusus untk anak, ataukah mnunggu sampai anak2 dewasa dan mnemukan sndiri? Maturnuwun πŸ™
T1: homogen itu maksudnya bgmn, mba kiki?
Q: Homogen = setipe, seragam
‬Ayah ibu profesi sama, juga budhe paman kakek dll πŸ˜„
Jd anak2 trstimulasi scara tdk sadar oleh suasana yg sejenis..msh mbulet y mb. Maafkan πŸ˜
T2: Klo ndak salah d review materi#7 d tuliskn utk menemukn bakat anak dg engage,observe,watch and listen...dn utk mengenalkn dg brbagai profesi slh satunya dg tour de talent.. begitu qra2
T3: kalau baca di review NHW7, tools itu tdk wajib bun.. yang penting kehadiran dan kesediaan orangtua utk engage-observe-watch and listen. Alat hanya sbg konfirmasi. Atau dg kuadran bisa-suka kemarin itu. setuju dg mbak nadia.
T4: Klo pengalaman sya pribadi.ke2 ortu sya,kakek,nenek dri ke2 ortu berprofesi sama.tpi ntah knp sya tdk ingin d profesi tsb.sjk SMP sya ingin kuliah d psikologi dan menjadi terapis,awalnya karna baca buku ttg kepribadian.mngkin anak bunda kiki nnti ada 1 hal yg bsa mendorongnya untuk tau ingin jadi apa nnti.tdk hrus sma dng yg lain.tinggal qta support aja
T5: keluarga saya juga guru semua, stimulasi yg sy dapat tapi tidak membuat saya ingin jadi guru..namun, ada arahan kesitu, krn mungkin ortu sudah merasakan kemudahan2 menjadi pns (guru) jadinya agak sering mengarahkan bahwa jadi pns lebih enak, lebih secure, dll...
Q: Maturnuwun ibu2 jawabanny..sgt mbantu πŸ‘
Ibu2 ada yg prnah mlakukan tour de talent untk anak? Teknisny bgmn?
A: Sdh menemukan diri Bunda?
Kl belum segera berlari menemukan diri.jangan jd pribadi galau kl gmau anaknya ikutan galau..
Jgn terburu mnggunakan macam2 tools.krn itu hny sarana pembantu..bukan nomor 1.nomor 1 tetaplah mata fisik dan mata hati ibunya..4hal yg terus hrs kita lakukan...engage, observe, watch, n listen..papar anak dg berbagai kgiatan panca Indra...contohny sy share d bawah yaa. ..
Setelah usia 14th boleh mengkonfirmasi menggunakan beragam tools tsb...tools hny mempermudah kt menggunakan istilah bakat ..agar mudah ktk membicarakan dg org lain :)
T1: klo kmaren,sy perna ajak bocil 3 th ke damkar,krn dia seneng banget sm profesi fire man..bertepatan wktu itu skolah sy pas ada outing,yowes sy ajak si kecil pisan.disana anak2 dijelasin profesi fire man,simulasi pemakaian baju yg dipake saat penyelamatan,simulasi memadamkan api pake selang,dll.ini termasuk tour de tallent bukan ya?? krn ini usia anak2 yg ikut itu usia pre school.
A: Tour the talent pertama yg msti dikenalkan adalah profesi ayh ibunya.selanjutnya bebas Bunda :)
Ingat...
Sebelum tour the talent..adab anak sdh hrs oke.terutama adab bertamu..jgn terburu bertour the talents kl adabnya masih berantakan :)
A: Ibaratnya ketika memberi banyak pilihan analoginya seperti member ikan beragam nasi pada anak..nasi jagung.nasi merah.nasi putih
Anak akan mudah memilih.sy suka nasi x
Bayangkan kl tiap hr anak dikasi nasi putih..y mau gmau sukanya y nasi putih.pdhl jk dihadapkan dg nasi2lainnya..ada yg lbh dia suka dibanding nasi putih
Q: Ini mksd sy mb andita, trimakasih mb, speak my mind πŸ‘. Paling tdk saat anak2 nnt memang memilih nasi putih itu krn ia sdh mlihat warna warni nasi tp ttp mnjatuhkn pilihan pada nasi putih dan mencintai nasi putihnya πŸ˜Š
A; 0-7 kayakan wawasan..beritau ananda kl ada profesi a.b.c.
8-14 kayakan gagasan...stimulus dg permasalahn d sekitar..ajak ia menemukan gagasan yg bs mnjadi solver. Pilih gagasan mana yg paling realist is dilakuka .maka lakukanlah brsama ananda
14up waktunya kaya kegiatan...
T: Saya simpelnya yg bisa dijumpai sehari2 dulu.
Ke rumahsakit (profesi dokter, perawat, dokter gigi)
Ke toko (profesi pelayan toko, spg, kasir)
Antar paket (profesi pedagang, kurir, kantor pos)
Stasiun (petugas loket, masinis, controller, pemeriksa tiket)
Bandara (pilot, pramugari, porter)
Terminal (sopir bus/angkot, kernet)
Restoran (pramusaji, chef)
Kantor ayah (satpam, OB, kerjaan ayah bikin gedung, peralatan ayah bekerja)
Sekolah (guru, kepsek, penjaga skul)
dan mungkin banyak profesi2 lain yang kita bersinggungan, gak mesti profesi yang mentereng2 juga sih...
Dari abinya:arsitek,proyek manajer gedung,jalan raya,jembatan,sekretaris dll yg dijumpai di tempat krj abinya. Kl saya:pdagang,petani tambak,sawah,koki,pembuat tahu.tempe.kue2.pegawe bank.teknisi bengkel.dokter macem2,penyelamat pantai,t.parkir dll. Trus ya itu yg ddari donlot y mmacem2
Ada sdkt cerita niy bun...Prnh ajak anak ke dr gigi dn umum,maksud hati mengenalkn profesi dokter.saat itu siy dia antusias brtanya nama alat2nya,apa yg d periksa.sampe d rmh sy nanya pengen gak jd dr???jwbny "gak ah...dokter itu utk anak cewek.klo aq suka tentara aja" (anak sy cowok)πŸ˜…
dokter2 td memang cewek semua,krn kbtln teman2 sy sendiri...😁
Q: maaf menyela,berarti materi 8 ini difokuskan pd aktivitas "suka dan bisa" gitu y intiny ??
T: materi 7 kayanya yg ini, td pertanyaan saya 'kebawa' ke materi ini...hehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME MATERI ‘MENJADI IBU PROFESIONAL, KEBANGGAAN KELUARGA’ Matrikulasi Ibu Profesional Sesi #2

Gaya Belajar Anak_IIP Malang_Day 4

Gaya Belajar Anak_IIP Malang_Day 7