BUNDA SAYANG MELATIH KEMANDIRIAN IBU PROFESIONAL IIP_ PORTOFOLIOKEMANDIRIAN_1
Bismillah
sebelum mengawali portofolio kemandirian anak di hari pertama, berikut saya uraikan beberapa poin penting sebagai landasan pembuatan portofolio kemandirian putra saya M. Apriano al fatih (22m):
sebelum mengawali portofolio kemandirian anak di hari pertama, berikut saya uraikan beberapa poin penting sebagai landasan pembuatan portofolio kemandirian putra saya M. Apriano al fatih (22m):
1. List kemampuan kemandirian yang ingin dilatihkan kepada anak:
a. Mandiri melepas baju sendiri dan mandi sendiri (kemandirian dalam ketrampilan hidup)
b. Mandiri merapikan mainan sendiri ( kemandirian dalam ketrampilan hidup)
c. mandiri mengambil minum,minum dan makan sendiri (kemandirian ketrampilan hidup)
d. mandiri menyelesaikan konflik ( kemandirian pikososial)
e. mandiri bab n bak sendiri ( kemandirian dalam ketrampilan hidup)
f. mandiri memberi salam ketika menerima tamu/ bertamu (kemandirian psikososial)
g. mandiri menjaga adab ketika bertamu (kemandirian psikososial)
h. mandiri menahan emosi (gemes) kepada teman, binatang dan tumbuhan dan saat keinginannya tidak segera dituruti ( kemandirian emosi)
i. mandiri dalam memiliki sikap positif (kemandirian emosi)
j. mandiri dalam memiliki kemauan dan dorongan belajar dengan berbagai media n fasilitator ( kemandirian belajar)
k. mandiri dalam bersosialisasi ( utamanya rasa percaya diri dan ramah) ( kemandirian psikososial)
l. mandiri mengutarakan perasaan kepada orang tua dan mau mendengarkan sudut pandang dari lawan bicara ( kemandirian psikososial)
c. mandiri mengambil minum,minum dan makan sendiri (kemandirian ketrampilan hidup)
d. mandiri menyelesaikan konflik ( kemandirian pikososial)
e. mandiri bab n bak sendiri ( kemandirian dalam ketrampilan hidup)
f. mandiri memberi salam ketika menerima tamu/ bertamu (kemandirian psikososial)
g. mandiri menjaga adab ketika bertamu (kemandirian psikososial)
h. mandiri menahan emosi (gemes) kepada teman, binatang dan tumbuhan dan saat keinginannya tidak segera dituruti ( kemandirian emosi)
i. mandiri dalam memiliki sikap positif (kemandirian emosi)
j. mandiri dalam memiliki kemauan dan dorongan belajar dengan berbagai media n fasilitator ( kemandirian belajar)
k. mandiri dalam bersosialisasi ( utamanya rasa percaya diri dan ramah) ( kemandirian psikososial)
l. mandiri mengutarakan perasaan kepada orang tua dan mau mendengarkan sudut pandang dari lawan bicara ( kemandirian psikososial)
* Time limit 3month*
2. Program ONE WEEK ONE SKILL
3. PORTOFOLIO KEMANDIRIAN 1
Nama: M. Apriano Al Fatih
Usia: 22month
Jenis kegiatan: eksplorasi flora dan fauna
jenis kemandirian yang dilatih: kemandirian emosi, kemandirian belajar
Usia: 22month
Jenis kegiatan: eksplorasi flora dan fauna
jenis kemandirian yang dilatih: kemandirian emosi, kemandirian belajar
Tujuan:
- Anak mampu mandiri menahan emosi untuk tidak merusak tumbuhan
- Anak mampu mandiri menahan emosi untuk tidak merusak tumbuhan
- Anak mampu mengendalikan diri untuk tidak menyakiti hewan meskipun gemas
- Anak mandiri untuk memiliki kemauan dan dorongan belajar dengan media dan fasilitator yang tersedia d lingkungan sekitar
Indikator dan catatan kegiatan anak:
- Kak fatih sangat mudah gemas terhadap hal- hal baru, pada 2 pengamatan kegiatan yang dilakukan terhadap tumbuhan dan hewan.
- Kemauan dan rasa ingin tahu kak fatih yang besar mempermudah proses belajar dan memahami konsep baru
- Orang tua memberikan kebebasan media serta fasilitas yang ingin digunakan anak akan mempermudah untuk merangsang ketertarikan belajar dengan hal- hal baru dan memastikan masih berada di zona aman.
- Saat bermain dan belajar dengan tumbuhan liar kak fatih mengenal kosa kata baru yaitu "bunga" (read: ungggaa), karena gemas dan suka kak fatih memetik dan memberikan pada bunda. lalu orang tua memberikan apresiasi berupa ucapan terimakasih dan kecupan lalu anak diberikan pengertian bahwa keindahan tanaman adalah ciptaan Allah yang patut kita jaga dengan cara menanam, menyiram, merawat dan tidak memetik krn tumbuhan pun bisa merasakan sakit ( kecuali tanaman hama/ pengganggu)
- Saat bermain dan belajar dengan hewan (rusa on the pic) dan hewan peliharaan (kucing, ikan,kura) pada kesempatan lainnya, kadang kak fatih gemas lalu menyakiti hewan tersebut secara tidak sengaja, maka orang tua memberikan contoh cara mengekspresikan kata "sayang" dan perlakuan sayang serta takaran kekuatan saat menyentuh hewan dengan kasih sayang yang benar (proses ini bertahap)
Catatan ekspresi dan sikap anak:
- Anak sangat antusias dan perlahan memahami bagaiamana memperlakukan hewan dan tumbuhan dengan kasih sayang dan adab yang baik
NB:
link video proses pelatihan kemandirian emosi kak fatih
link video proses pelatihan kemandirian emosi kak fatih
Komentar
Posting Komentar